Metode Peramalan Kualitatif

Peramalan kualitatif umumnya bersifat subjektif dan bergantung pada pengalaman, keahlian, dan pendapat seseorang. Metode ini lebih digunakan ketika terdapat faktor-faktor yang menyebabkan data menjadi berubah seperti perkiraan penjualan ketika menggunakan teknologi baru seperti internet, adanya promo penjualan bulan ke depan, atau bahkan ketika produk baru diluncurkan.  Beberapa model peramalan yang termasuk dalam peramalan kualitatif adalah sebagai berikut:

  1. Metode delphi

Sekelompok pakar mengisi kuesioner, Moderator menyimpulkan hasilnya dan memformulasikan menjadi suatu kuesioner baru yang diisi kembali oleh kelompok tersebut, demikian seterusnya. Hal ini merupakan proses pembelajaran dari kelompok tanpa adanya tekanan atau intimidasi individu.

       2. Market research

Merupakan metode peramalan berdasarkan hasil – hasil dari survei pasar yang dilakukan oleh tenaga-tenaga pemasar produk atau yang mewakilinya. Metode ini akan menjaring informasi dari pelanggan atau pelanggan potensial (konsumen) berkaitan dengan rencana pembelian mereka di masa mendatang. Riset pasar tidak hanya akan membantu peramalan, tetapi juga untuk meningkatkan desain produk dan perencanaan untuk produk-produk baru.

       3. Life cycle analogy

Secara umum, hampir semua produk akan mengikuti product life cycle (PLC) yang meliputi introduction, growth, maturity, dan decline. Berdasar pada pengalaman produk yang sama pada periode yang lalu, seseorang dapat membuat model yang sama dengan produk tersebut.

       4. Panel consensus

Peramalan semata-mata berdasarkan pertimbangan manajemen, umumnya oleh manajemen senior. Metode ini akan cocok dalam situasi yang sangat sensitif terhadap intuisi dari suatu atau sekelompok kecil orang yang karena pengalamannya mampu memberikan opini yang kritis dan relevan. Teknik akan dipergunakan dalam situasi dimana tidak ada situasi dimana tidak ada alternatif lain dari model peramalan yang dapat diterapkan. Bagaimanapun metode ini mempunyai banyak keterbatasan, sehingga perlu dikombinasikan dengan metode peramalan yang lain.

About these ads

1 Comment

Filed under PPIC

One response to “Metode Peramalan Kualitatif

  1. Pingback: Definisi dan Metode Peramalan | TeknikIndustriTalk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s